Mengatasi Jerawat dengan Produk Natural, Memangnya Bisa?

Kalau kita ingat-ingat lagi, sejak zaman dahulu, banyak muncul produk untuk mengatasi jerawat yang memiliki klaim mampu menyembuhkan jerawat dengan cepat. Memang sih, jerawatnya cepat hilang, tapi, setelahnya kulit malah menjadi lebih sensitif dan terasa kering. Pernahkah kamu mengalaminya?

 

Untuk memahami cara mengatasi jerawat dengan tepat, kita perlu tau dulu apa itu jerawat.

 

Apa itu jerawat?

 

Pada dasarnya, jerawat adalah inflamasi. Untuk mengatasinya, kita perlu meredakan dulu inflamasi yang terjadi pada kulit. Pendekatan inilah yang digunakan oleh Dewi Kauw, founder dan formulator Skin Dewi saat meracik produk-produk Skin Dewi.

 

Dengan fokus pada meredakan dan menenangkan inflamasi, kita bisa mengurangi resiko bertambahnya masalah kulit di kemudian hari, seperti sensitivitas kulit dan kulit kering yang telah disebutkan di atas.

 

Lalu, apa yang harus dilakukan saat muncul jerawat?

 

Menurut Dewi Kauw, ada 3 hal yang perlu dilakukan saat muncul jerawat:

 

  1. Memberikan hidrasi

Pastikan kamu menjaga hidrasi kulit untuk menjaga kelembapan dan kesehatannya secara keseluruhan. Beberapa bahan natural yang dapat menghidrasi kulit adalah Hyaluronic acid dan aloe vera. Selain menghidrasi, aloe vera juga dapat membantu regenerasi kulit, penyembuhan luka, serta menenangkan kulit.

 

  1. Meredakan inflamasi

Gunakan bahan-bahan yang mampu menenangkan kulit dan meredakan inflamasi. Hindari juga makanan yang bisa memicu inflamasi pada kulitmu, ya! Bahan-bahan natural yang dapat membantu meredakan inflamasi di antaranya adalah calendula, chamomile, oats, dan lavender.

 

  1. Membersihkan kulit

Tetap rutin membersihkan kulit dengan metode double cleansing. Untuk first cleanser, kami rekomendasikan untuk menggunakan oil cleanser yang dapat mengangkat kotoran yang oil soluble (larut dalam minyak) seperti sebum alami kulit, makeup waterproof, sunscreen, dan lain sebagainya.



Di Skin Dewi, kami menggunakan bahan-bahan alami dan organik dengan kualitas terbaik untuk memberikan manfaat yang optimal bagi kulit. Selain karena manfaatnya bagi kulit, bahan natural juga dapat mencegah terjadinya antibiotic resistance.

 

Apa itu antibiotic resistance?

 

Saat kita mengkonsumsi antibiotik, ada bakteri yang tetap bertahan hidup dan kemudian berlipat ganda. Semakin sering mengkonsumsi antibiotik, bakteri yang bertahan hidup akan semakin banyak dan semakin berpotensi untuk membentuk resistensi. Jadi, antibiotik yang dikonsumsi lama kelamaan tidak lagi memiliki efek bagi tubuh. Menurut survey di Amerika Serikat, antibiotik paling banyak diberikan oleh dermatolog untuk membantu pasien yang memiliki masalah jerawat.

 

Alternatifnya, Skin Dewi menggunakan bahan natural seperti essential oil yang memiliki sifat antibakteri. Banyak riset yang menyatakan bahwa mekanisme essential oil untuk membunuh bakteri tidak akan memicu munculnya resistensi dalam tubuh kita. 

 

Selain itu, bahan natural juga memiliki sebuah efek unik yaitu synergistic effects.

 

Apa itu synergistic effects?

 

Dilansir dari depkes.org, efek sinergis adalah efek beberapa obat yang dikonsumsi atau digunakan di waktu yang bersamaan lebih besar daripada efek obat yang dikonsumsi satu per satu.

 

Misalnya, bahan tea tree oil dan lavender oil memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat pada kulit. Namun, saat kedua bahan ini digunakan bersamaan, jika dianalogikan dalam rumus matematika, 1 tea tree oil + 1 lavender oil bukan sama dengan 2x efek mengatasi jerawat. Bisa jadi saat dua bahan ini digabungkan, hasilnya setara dengan 4, 5, bahkan 6x efek mengatasi jerawat. Hal inilah yang membuat bahan natural memiliki efek yang kuat, yang umumnya tidak bisa didapatkan dari bahan sintetis.

 

Maka dari itu, dalam formulasi produk-produk, Skin Dewi juga melihat bahan natural apa yang bersinergi satu sama lain untuk memberikan hasil yang paling optimal.

 

Jika kamu masih mencari produk yang bisa menjadi solusi masalah jerawatmu, Skin Dewi siap membantu! Kamu bisa melakukan konsultasi kulit GRATIS bersama tim Skin Dewi di sini.