Skincare-an Harusnya Mulai dari Usia Berapa, Ya?

Para remaja, atau para ibu yang memiliki anak remaja, mungkin ada yang bertanya-tanya, sudah butuh skincare belum ya? Sebaiknya mulai dari usia berapa, ya?

 

Sebenarnya, tidak ada ketentuan spesifik mulai usia berapa harus mulai menggunakan skincare, karena tentunya kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Misalnya, ada anak-anak yang memiliki kondisi eksim sejak bayi. Tentunya kondisi ini membuat mereka membutuhkan skincare lebih dulu dibanding anak-anak lain yang tidak memiliki eksim.

 

Namun, umumnya, anak-anak mulai membutuhkan skincare saat menginjak usia remaja (sekitar 11-12 tahun). Pada masa-masa ini anak mulai mengalami pubertas, dan perubahan hormon yang terjadi mungkin menimbulkan masalah kulit seperti jerawat atau beruntusan. Namun kembali lagi, semua ini tergantung pada kondisi kulit masing-masing, ya.

 

Jika anak remaja sudah mulai membutuhkan skincare untuk mengatasi masalah kulit mereka, nggak perlu khawatir. Skin Dewi memiliki rangkaian produk-produk yang bisa digunakan oleh anak remaja, karena tidak menggunakan bahan yang “keras” atau membahayakan kulit. 

 

Tapi, tentunya tidak semua produk skincare dibutuhkan oleh anak remaja. Misalnya, di usia remaja, umumnya tingkat kelembapan kulitnya masih sangat baik. Tentu belum memerlukan produk-produk anti aging untuk mengatasi kerutan, bukan? 

 

Skincare routine untuk kulit remaja

 

Cara mudah untuk menentukan produk skincare apa yang tepat untuk anak remaja adalah dari jenis kulitnya, apakah cenderung kering atau berminyak. Kemudian, mulailah dari produk skincare dasar yang bisa mulai digunakan oleh remaja seperti:

 

  1. Pembersih wajah

Gunakan pembersih wajah yang lembut, seperti cleansing milk dari Skin Dewi. Pilih cleansing milk yang sesuai dengan jenis kulit, yaitu Hazelnut Balancing Cleansing Milk untuk kulit yang cenderung berminyak, atau Raspberry Hydrating Cleansing Milk untuk kulit yang cenderung kering. 

 

  1. Produk yang menenangkan kulit

Sejak remaja, jaga hidrasi kulit dan lindungi dari inflamasi dengan menggunakan produk yang menenangkan kulit seperti Calendula Soothing Gel. Teksturnya juga sangat nyaman dan tidak membuat kulit menjadi berminyak. Produk ini juga bisa membantu mengatasi beruntusan dan jerawat, lho.

 

  1. Seimbangkan produksi minyak pada kulit

Kulit remaja umumnya lebih banyak memproduksi minyak. Untuk itu, perlu diseimbangkan dengan produk seperti Temulawak Balancing Facial Emulsion.

 

  1. Lindungi kulit dari sinar matahari

Untuk remaja yang sering beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30, ya.

 

  1. Perawatan tambahan

Jika masih memerlukan perawatan tambahan, coba masukkan Calming Dew Rose Toner ke dalam skincare routine untuk memaksimalkan hidrasi kulit. Saat berjerawat, gunakan Thyme Blemish Gel untuk membantu mempercepat proses penyembuhannya.

 

Double cleansing untuk remaja, perlu nggak sih?”

 

Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk melakukan double cleansing di usia remaja, apalagi jika sangat aktif dan sering berkeringat. Namun jika tidak, membersihkan wajah dalam satu langkah pun sudah cukup untuk menjaga kebersihannya.

 

“Bahan apa yang perlu dihindari oleh remaja?”

 

Menurut founder dan formulator Skin Dewi, Dewi Kauw, yang perlu dihindari saat merawat kulit remaja adalah produk yang cukup “keras” seperti retinol atau peeling. Di usia remaja, cukup rutin membersihkan wajah serta gunakan produk-produk yang anti inflamasi, menenangkan kulit, dan menghidrasi. Kulit remaja belum terlalu membutuhkan bahan-bahan tersebut, dan jika digunakan dengan cara yang kurang tepat, bisa jadi berpotensi menimbulkan masalah kulit baru.

 

Pilihan produk yang lebih simpel dan ramah di kantong

 

Opsi lainnya yang dapat dicoba ada menggunakan carrier oil seperti Evening Primrose Oil, Jojoba Oil, Avocado Oil, atau Sunflower Seed Oil sebagai pelembap atau pembersih wajah (cleansing oil).

 

Kesimpulannya, di usia berapapun, produk skincare yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Bahkan meskipun usianya sama, kebutuhan kulitnya bisa jadi berbeda. Pastikan kamu mengetahui akar masalah kulit untuk menemukan solusi yang tepat. Jika masih bingung, kamu bisa melakukan konsultasi kulit GRATIS bersama tim Skin Dewi di sini!