Penyebab Jerawat yang Sebenarnya

Sebagai salah satu masalah kulit yang paling umum, munculnya jerawat pada kulit sebenarnya merupakan hal yang sangat wajar. Biasanya jerawat disebabkan oleh sebum atau kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, kemudian terinfeksi sehingga meradang.

 

Namun, jika jerawat yang kamu alami muncul sangat sering dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, hal ini perlu mendapat perhatian lebih. Jerawat termasuk dalam peradangan atau inflamasi, yang berarti ada kerusakan jaringan. Apabila hal ini berlangsung terus menerus, bisa jadi jerawat tersebut merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang mengganggu kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

 

Lalu, harus mulai dari mana?

 

Pertama-tama, coba perhatikan terlebih dahulu saluran pencernaanmu. Tahukah kamu, saluran pencernaan memegang peranan yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh, yaitu sekitar 80%. Apa yang kita makan, bagaimana cara kita makan, dan bagaimana cara tubuh kita mencerna makanan tersebut sangat menentukan kesehatan saluran pencernaan kita.

 

Menurut dr. Sarah, seorang dokter umum yang menggunakan pendekatan Functional Medicine–yaitu pendekatan yang fokus pada mencari akar dari masalah kesehatan–pencernaan juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Bahkan, bukan hanya terhadap kulit, masalah pencernaan juga bisa memiliki dampak terhadap bagian tubuh kita yang lain, karena peranannya yang begitu besar terhadap kesehatan tubuh secara umum.

 

Ingin tahu penjelasan lebih lanjut mengenai hubungan pencernaan dan masalah kulit? Yuk simak video berikut ini!