Jenis Kulit Wajah Berbeda Dengan Tubuh

Tipe kulit wajah berminyak, tapi tipe kulit tubuh kering? Kok bisa sih… Kan kulit nyambung semua! 

Yes! Tipe kulit wajah dan tubuh seringkali berbeda, loh! Meski kulit tubuh manusia merupakan satu kesatuan, kulit memiliki perbedaan pada setiap bagian tubuh. Kulit memiliki ketebalan, warna, dan tekstur yang berbeda pada setiap bagian tubuh. Sebagai contoh, kulit kepala memiliki folikel yang lebih banyak daripada bagian tubuh yang lain, tapi telapak kaki tidak memiliki folikel sama sekali. Selain itu, telapak kaki dan tangan juga memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan area lainnya. Jadi jangan heran kalau kulit wajah berminyak tapi kulit tubuh kering, atau sebaliknya! Terkadang kita lupa kalau kulit adalah organ terbesar tubuh yang berguna untuk melindungi kita dari lingkungan sekitar, penyakit, dan bahaya. Sehingga kulit memiliki kebutuhan yang berbeda agar bisa berfungsi sebaik mungkin. Jadi bagaimana cara kita melindungi kesehatan kulit secara keseluruhan?

Pada intinya, jenis kulit pada masing-masing bagian tubuh disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah jumlah kelenjar minyak. Sebagai contoh, jumlah kelenjar minyak pada wajah lebih banyak dibandingkan tubuh. Kulit wajah jauh lebih tipis daripada bagian tubuh lainnya, sehingga kulit wajah memiliki lebih banyak folikel, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak untuk melindungi dan menjaga kelembabannya. Maka itu harus berhati-hati saat memilih produk skincare, jangan sampai kita mengupas lapisan pelindung kulit wajah dengan bahan skincare yang terlalu keras. Sesuaikan skincare dengan tipe kulit wajah-mu dan gunakan produk yang lembut saat membersihkan wajah.

Kulit tubuh yang lebih tebal biasanya tidak se-sensitif kulit wajah. Kulit tubuh juga memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit daripada kulit wajah, sehingga bagian tubuh dengan kulit lebih tebal seperti siku, lutut, dan kaki seringkali mengalami kekeringan. Selain itu, lapisan lemak di bawah kulit tubuh yang lebih tebal membuat keriput lebih sulit muncul dibandingkan bagian tubuh dengan lemak lebih tipis seperti wajah, leher, dan dada.

Berbagai perbedaan antara kulit wajah dan tubuh juga berarti ada perbedaan dalam produk skincare. Karena kulit tubuh lebih tebal, maka pelembab atau moisturizer yang digunakan juga harus lebih tebal dan berat. Sedangkan kulit wajah yang tipis dan memiliki banyak komponen (folikel, kelenjar minyak dan keringat) membutuhkan skincare yang lebih lembut agar tidak mengganggu lapisan perlindungan terluar. Menggunakan skincare tubuh pada wajah bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Maka itu skincare wajah harus disesuaikan dengan tipe kulit masing-masing agar kulit terlindungi dan sehat. Selain produk skincare, penting juga untuk memilih produk pembersih atau cleanser yang tepat agar tidak merusak lapisan pelindung kulit. Gunakan Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil sebagai pembersih pertama yang mengandung bamboo fibers sehingga dapat membersihkan pori-pori dari makeup, sunscreen, dan sebum secara lembut. Gunakan juga Raspberry Hydrating Milk sebagai pembersih kedua untuk menjaga hidrasi kulit jika tipe kulitmu kering, atau Hazelnut Cleansing Milk jika tipe kulitmu berminyak atau kombinasi. Untuk perlindungan kulit tubuh, gunakan Gratitude Baobab Body Lotion yang mengandung kokum butter sehingga dapat mengembalikan hidrasi dan kelembaban pada kulit dengan cepat. Nah, untuk area kulit yang sangat kering, kamu bisa mencoba Gratitude Baobab Body Balm untuk memberikan kelembapan ekstra! Dapatkan semua produk Skin Dewi di Shopee, Tokopedia, atau skindewi.com!