Do's and Don'ts Kulit Berjerawat

Saat sedang jerawatan, pasti jadi ekstra hati-hati saat merawat kulit. Biasanya muncul banyak pertanyaan, apa ya yang harus dilakukan atau harus dihindari supaya jerawat nggak makin parah?

Kali ini, Dewi Kauw, founder dan formulator Skin Dewi, akan memberikan jawaban seputar apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan saat lagi jerawatan, supaya kamu nggak bingung lagi!

 

Boleh nggak sih pakai retinol saat lagi jerawatan?

Boleh, tapi dengan catatan! Jadi, sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan retinol saat sedang jerawatan, karena retinol juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Hanya saja, jika tidak digunakan dalam rangkaian perawatan yang tepat, retinol bisa membuat kulit jadi tambah sensitif. Jadi, selain memperhatikan kadar kandungan retinol yang kamu gunakan, pastikan juga kamu menggunakan produk yang bisa mengembalikan hidrasi kulit setelahnya, ya!

 

Boleh nggak sih pakai vitamin C saat lagi jerawatan?

Jawabannya, boleh! Vitamin C adalah antioksidan yang bisa membantu meredakan inflamasi, seperti jerawat yang meradang. Tapi, umumnya vitamin C tidak disarankan untuk digunakan saat sedang jerawatan. Tujuannya agar bisa fokus ke produk-produk yang memang berfungsi untuk menangani jerawat. Sehingga, tidak terlalu banyak lapisan produk yang digunakan pada kulit.

 

Boleh nggak sih pakai face oil saat lagi jerawatan?

Kalau lagi jerawatan, terutama bagi yang kulitnya berminyak, biasanya agak ragu-ragu untuk pakai face oil. Mulai dari takut terlihat berminyak, sampai takut jerawat malah jadi tambah parah. Tapi, sebenarnya, kamu nggak perlu takut untuk pakai face oil!

Jadi, nggak semua face oil itu sama, mulai dari kandungan, tekstur, hingga tingkat kekentalannya. Kalau kamu sedang jerawatan, sebaiknya kamu memilih face oil yang memang diformulasikan untuk kulit berjerawat. Misalnya, Tamanu Green Serum dari Skin Dewi! Serum dalam bentuk minyak ini mengandung phytosphingosine yang mampu membantu menenangkan kulit yang kemerahan karena jerawat. Teksturnya juga ringan, sehingga cepat meresap dan nggak bikin kulit terlihat berminyak.

 

Boleh nggak sih keluarin isi jerawat?

Kalau lihat jerawat yang udah “mateng”, pasti rasanya gemas banget yaa mau keluarin isinya. Eits, coba tahan diri dulu! Sebenarnya, kalau dilakukan secara profesional dengan teknik dan alat yang benar, mengeluarkan isi jerawat itu sah-sah saja untuk dilakukan. Tapi, kalau kamu melakukannya sendiri tanpa tahu cara yang benar, sebaiknya jangan, ya!

Memencet atau mengeluarkan isi jerawat dengan cara yang salah bisa menimbulkan kerusakan pada kulit kita. Jadinya, jerawat pun membekas dan lebih susah hilang. Selain itu, hal ini juga bisa mengakibatkan cross infection atau infeksi silang, yaitu kondisi di mana bakteri jerawat tersebar ke bagian lain pada wajah. Bakteri yang tersebar ini bisa membuat jerawat muncul di tempat lain juga, lho! Nggak mau kan, jerawat malah jadi tambah banyak?

 

Boleh nggak sih pakai sunscreen saat lagi jerawatan?

Kalau yang ini, jawabannya “yes” dan “no”. Tahukah kamu, paparan sinar matahari itu bisa memicu inflamasi pada kulit, lho. Misalnya, kita bisa melihat kulit kita menjadi kemerahan saat terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Jadi, penggunaan sunscreen sebenarnya bisa membantu mengurangi inflamasi pada kulit yang berjerawat.

Tapi, biasanya, jika tidak menggunakan sunscreen yang tepat, kulit yang acne prone malah bisa tambah beruntusan atau jerawatan. Jadi, kamu perlu benar-benar memperhatikan lagi kandungan dalam sunscreen yang kamu gunakan, apakah bisa memicu timbulnya jerawat baru atau tidak.

 

Boleh nggak sih eksfoliasi saat lagi jerawatan?

Sebetulnya, boleh-boleh saja lho eksfoliasi saat kulit sedang berjerawat. Bahkan, produk untuk kulit berjerawat yang sering kita temui umumnya memiliki bahan salicylic acid, yaitu salah satu bentuk BHA yang biasanya digunakan untuk eksfoliasi.

Tapi, kadang kulit berjerawat yang sedang meradang lebih sensitif. Sehingga, kamu perlu berhati-hati dalam memilih bahan yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Di Skin Dewi, kami merekomendasikan Shikimic Gentle Exfoliating Scrub yang lembut di kulit namun tetap efektif mengeksfoliasi. Selanjutnya, gunakan produk yang menenangkan kulit ya, seperti Calming Dew Rose Toner.



Punya pertanyaan seputar mitos jerawat lainnya? Share pertanyaanmu di sini!