Cara Pilih Pelembap yang Tepat–bahkan untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat!

Salah satu langkah skincare yang wajib untuk dilakukan adalah pelembap. Namun, masih ada banyak orang yang beranggapan bahwa jenis dan kondisi kulit tertentu tidak membutuhkan pelembap. Padahal, peran pelembap untuk menjaga kesehatan kulit itu penting banget, lho!

 

Kenapa harus pakai pelembap?

Tahukah kamu, salah satu penyebab utama timbulnya masalah kulit adalah barrier kulit yang rusak. Seperti namanya, barrier kulit berperan sebagai pelindung kulit dari faktor eksternal, sekaligus mencegah transepidermal water loss (hilangnya air dari permukaan kulit). Kebayang kan, gimana bahayanya kalau barrier kulit kita nggak berfungsi dengan baik? Salah satu cara untuk menjaga kondisi barrier kulit adalah dengan menjaga kelembapan dan hidrasinya. Di sinilah peran pelembap menjadi penting bagi kesehatan kulitmu!

Rutin menggunakan pelembap juga bisa membuat kulitmu awet muda, lho. Umumnya, tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus akan lebih terlihat apabila kulit kering dan dehidrasi. Terlebih lagi, seiring dengan bertambahnya usia, elastisitas dan produksi minyak pada kulit pun akan semakin berkurang. Maka dari itu, kelembapan kulit yang terjaga bisa membantu menjaga keremajaan kultimu. Produk pelembap juga mengandung bahan-bahan lain yang mampu menutrisi dan mendukung kesehatan kulit, seperti vitamin, antioksidan, dan lain-lain.

Banyak banget kan, manfaatnya? So, jangan skip pelembap, ya!

 

Kulit berminyak perlu pakai pelembap juga?

Jawabannya, perlu! Kulit yang dibiarkan dehidrasi akan mengirimkan “sinyal” bahwa ia membutuhkan kelembapan kulit. Sehingga, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengatasi hal ini. Hasilnya, kulit malah jadi terlihat semakin berminyak! Lain halnya jika kulit diberikan kelembapan yang cukup. Seiring berjalannya waktu, kulit akan menjadi lebih seimbang, sehingga nggak memproduksi minyak secara berlebihan.

Tapi, bagi para pemilik kulit berminyak, kamu perlu perhatikan tekstur, formula, dan kandungan pelembap yang kamu gunakan. Tekstur yang ringan dan cepat menyerap akan membuat kulit tetap terasa nyaman, dan formula serta kandungan yang tepat bisa membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit sekaligus memberikan nutrisi.

 

Kalau lagi jerawatan, boleh pakai pelembap?

Selain pemilik kulit berminyak, kadang para pejuang jerawat juga ragu untuk menggunakan pelembap saat lagi jerawatan. Namun sebenarnya kamu tetap boleh kok memakai pelembap walau sedang jerawatan. Apalagi kalau kamu masih menggunakan produk jerawat yang bikin kering! Tapi, meskipun kamu telah memilih produk jerawat yang nggak bikin kering, menjaga kelembapan kulit tetap penting. Pastikan kamu memilih yang kandungannya memang ditujukan untuk merawat kulit yang berjerawat, ya!

 

Sudah temukan pelembap yang tepat untuk kulitmu?

Untuk kamu yang belum menemukan pelembap yang tepat, Skin Dewi punya rekomendasinya! Di Skin Dewi, ada 2 pelembap yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu, yaitu Temulawak Balancing Facial Emulsion dan Ginkgo Biloba Firming Facial Cream. Supaya nggak bingung, berikut penjelasannya untuk kamu!