Apakah Skin Dewi Halal?

Saat ini, tingkat kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan sudah mulai tinggi. Beberapa produk sudah menjunjung asas organik yang ramah lingkungan, salah satunya Skin care. Sehingga, banyak penggemar make up juga yang kini banting setir untuk menggunakan Skincare organik.

 

Lalu Apa Yang Dimaksud Dengan Skincare Halal?

Yuk Cari Tahu!

 

Skincare halal adalah produk perawatan kulit yang pada proses pembuatannya menggunakan pilihan bahan yang aman dan sesuai dengan syariat Islam. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kriteria dari skincare halal, penasaran? Yuk langsung simak penjelasannya berikut ini!

 

Bebas dari Alkohol yang Dilarang

Kriteria skincare halal yang pertama adalah tidak memiliki kandungan alkohol. Kandungan alkohol yang dimaksud ini adalah alkohol yang berasal dari beverage industry atau pabrik khamr yang memiliki efek samping pada penggunanya. 

Nah Skin Dewi Family juga harus menghindari produk skincare yang memiliki kandungan wine, beer, dan tulisan ethanol atau ethyl alcohol. Kamu  bisa cek juga persentase alkohol yang tertera pada kemasan, jika kadarnya terlalu tinggi maka bisa menyebabkan iritasi atau efek samping, apalagi bagi pemilik kulit sensitif.

 

Proses Pembuatan tanpa Kekerasan Terhadap Hewan

Kalau tadi kita bahas dari sisi kandungan alkoholnya, kriteria produk skincare halal selanjutnya tidak hanya ada pada bahan yang digunakannya saja, tapi juga dari proses pembuatannya. 

Selalu Pastikan jika ada label yang bertuliskan Animal Cruelty Free (ACF), maksud dari label ini adalah bahwa produk skincare tersebut bebas dari tindakan kekerasan terhadap hewan. Baik dalam proses uji coba, kemudian komposisi bahan, hingga proses pembuatannya. Ada lagi beberapa ciri selain logo ACF tadi, biasanya produk skincare yang aman dari eksploitasi atau kekerasan terhadap hewan memiliki logo Halal MUI, Leaping Bunny, Certified Vegan dan Not Tested on Animals.

 

Terdapat Kode BPOM dan Label Halal

Untuk skincare halal, wajib hukumnya sudah terpasang logo halal dari MUI. MUI telah melakukan verifikasi menyeluruh pada setiap produk yang akan dipasarkan dan memastikan produk tersebut aman dan halal untuk dikonsumsi. 

Di Indonesia, selain logo halal dari MUI, pastikan juga untuk cek kode dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) di website BPOM. Produk yang sudah memiliki kode resmi dari BPOM menunjukkan bahwa produk tersebut telah lulus uji keamanan, mulai dari komposisi bahan hingga proses produksinya.

 

Mengapa Harus Skin Care Halal?

Bagi umat muslim, label halal memang menjadi pertimbangan sangat penting dalam memutuskan untuk membeli produk. Biasanya logo halal terdapat pada makan dan minum, namun kini kita skincare dan kosmetik memiliki logo yang telah disetujui Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

Tentu kita bertanya-tanya, apa hubungannya skincare atau kosmetik dengan kehalalan? Dilansir dari moeslema.com jawabannya adalah karena skincare ataupun make up yang sering kita pakai hampir setiap hari tersebut adalah sebuah produk yang dirancang agar diserap oleh kulit sehingga menimbulkan efek tertentu seperti membersihkan dan mencerahkan wajah.

Ada banyak produk skincare atau kosmetik yang dapat menyerap kulit hingga ke bagian terdalam atau inti kulit, sehingga terjadi penyerapan antara unsur yang satu dengan yang lainnya dan biasanya menghasilkan unsur baru yang dapat menggantikan unsur lama.

Sebagai seorang muslim kita melaksanakan shalat 5 kali dalam sehari, salah satu syarat sah shalat adalah suci badan pakaian dan tempat dari hadas dan najis. Maka mungkinkah skincare atau kosmetik yang tidak halal dan menyerap hingga ke inti kulit terdalam dapat dengan mudah dibersihkan hanya dengan berwudhu? Jawabannya tentu saja tidak. Maka untuk menjaga kualitas ibadah seorang muslim, kita perlu memilih kosmetik dan skincare yang halal.

 

Di Indonesia penetapan label halal dilakukan oleh LPPOM MUI melalui sebuah sistem yang disebut SJH (Sistem Jaminan Halal) dan disosialisasikan melalui berbagai pelatihan yang sudah menjadi agenda rutin LPPOM MUI dalam upaya edukasi halal, terutama bagi para stakeholder.

 

Apakah Skin Dewi Halal?

Melihat banyaknya manfaat skincare atau kosmetik halal, kini produk-produk kecantikan pun berlomba-lomba memiliki bersertifikat halal salah satunya produk skincare Skin Dewi.

 

“Melalui sertifikasi Halal oleh MUI Skin Dewi ingin meyakinkan bahwa semua produk secara resmi dinyatakan telah memenuhi prosedur yang sesuai, sehingga aman, halal, serta bersertifikat BPOM” ungkap sang founder Dewi Kauw

 

Brand yang didirikan sejak 2014 lalu oleh Dewi Kauw ini menawarkan sederet produk perawatan tubuh berbahan organik, mulai dari skincare hingga body care. Tak perlu diragukan lagi kualitas dari Skin Dewi, karena Produk yang dihadirkan Skin Dewi berfokus pada penggunaan berbagai minyak dari tumbuhan yang memiliki manfaat luar biasa. Mulai dari tanaman yang kaya antioksidan, membantu memperlambat penuaan dini, serta menyeimbangkan kadar air dan minyak dalam kulit.

 

Sekarang bagaimana? Sudah lebih tercerahkan soal apa itu kosmetik dan skincare halal bukan? Yuk, mulai untuk pintar-pintar memilih produk ketimbang hanya sekadar lapar mata supaya hati lebih tenang!