All About Pori-Pori

“Bagaimana cara mengecilkan pori-pori?” “Duh, pori-pori-ku membesar nih!” “Harus ngapain ya supaya pori-pori bisa menghilang?” Apa kamu sering dengar atau bahkan pernah punya keluhan seperti ini? Pori-pori memang menjadi kekhawatiran kecantikan masa kini. Untungnya, beragam keluhan seputar pori-pori mudah diatasi, asal kamu mengenal fungsi dan cara kerja pori-pori! Kali ini, Skin Dewi ingin meluruskan mitos dan berbagi tips seputar pori-pori agar kamu tidak perlu khawatir lagi!

Saat kamu melihat wajah di kaca dari dekat, kamu pasti melihat ada lubang-lubang kecil pada permukaan kulit. Lubang-lubang kecil yang disebut pori-pori itu adalah pembukaan folikel rambut, dimana di dalamnya terdapat sebaceous gland, atau kelenjar minyak yang memproduksi minyak sebagai pelembab alami. Peran pori-pori penting, karena selain minyak yang melindungi kulit agar sehat, keringat juga keluar dari tubuh lewat pori-pori untuk mengeluarkan toksin. Setiap orang memiliki ukuran pori-pori yang berbeda, tergantung pada genetik, usia, serta jenis kelamin, tapi semua orang memiliki pori-pori. Biasanya, pori-pori membantu menyapu minyak, sel kulit mati, dan kotoran lainnya yang menempel pada kulit. Namun, terkadang kotoran-kotoran itu bisa menumpuk dan terjebak dalam pori-pori, sehingga menyebabkan masalah kulit seperti jerawat atau komedo. 

Nah, mitos atau miskonsepsi pertama yang harus diluruskan mengenai pori-pori adalah: Pori-pori TIDAK bisa membesar atau mengecil. Ukuran pori-pori tidak bisa berubah, namun pori-pori bisa tampak lebih besar atau kecil tergantung perawatannya. Ada sejumlah alasan mengapa ukuran pori-pori bisa tampak besar. Jika kelenjar minyak dalam kulit memproduksi minyak berlebihan, maka pori-pori bisa nampak lebih besar. Selain itu, jika sumbatan atau penumpukan kotoran terjadi dalam pori-pori, maka pori-pori yang penuh bisa meregang. Radikal bebas dari matahari atau sinar UV juga dapat melemahkan kolagen dalam kulit sehingga kulit menjadi kendur dan membuat pori-pori meregang. 

Cara merawat pori-pori agar tidak mudah tersumbat dan tampak lebih halus tidak susah, kok! Kamu hanya perlu mengikuti beberapa cara ini: 

 

  • Gunakan sunscreen. Jangan biarkan paparan sinar matahari menurunkan elastisitas alami kulit dan membuat pori-pori meregang! Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 hingga 50 secara merata pada wajah dan leher setiap hari, apapun cuacanya!
  • Eksfoliasi. Eksfoliasi wajah dengan rutin untuk menghilangkan kotoran yang tersumbat dalam pori-pori. Gunakan Skin Dewi Shikimic Gentle Exfoliating Scrub dan Energizing Coffee Clay Mask 2 hingga 3 kali seminggu! Shikimic Gentle Exfoliating Scrub dapat eksfoliasi sel kulit mati yang terjebak dengan lembut, melembabkan, dan mencerahkan kulit. Oleskan Shikimic Scrub pada kulit bersih dan biarkan 10 hingga 20 detik. Pijat dengan halus pada seluruh wajah dan bilas menggunakan air. Gunakan pelembab setelahnya. Sedangkan Coffee Clay Mask efektif menghilangkan sel kulit mati, mengangkat sebum dan kotoran, serta deep cleanse atau membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Tuangkan bubuk Coffee Clay Mask pada mangkuk dan campurkan dengan Calming Dew Rose Toner. Oleskan pada wajah yang bersih dan biarkan selama 8 hingga 12 menit. Bilas sampai bersih.
  • Bersihkan wajah dengan benar. Bersihkan wajah setelah bepergian, setelah bangun, dan sebelum tidur. Membersihkan wajah secara rutin dapat mencegah kotoran seperti sisa makeup, debu, dan minyak terjebak dalam pori-pori! Gunakan pembersih wajah yang lembut dan efektif, seperti Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil yang dapat melarutkan makeup, sisa sunscreen, dan kotoran pada kulit. Setelah menggunakan Bamboo Cleansing Oil, jangan lupa untuk cuci wajah dan menggunakan pelembab dan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit!

 

Dapatkan seluruh produk Skin Dewi di Shopee, Tokopedia, atau skindewi.com!