4 Tips Kulit Sehat, Glowing, dan Bebas Jerawat

Kulit sehat, glowing, dan bebas jerawat merupakan dambaan banyak orang. Dengan berkembangnya industri kecantikan di Indonesia, banyak orang mencoba-coba beragam produk dan tips yang menjanjikan kulit sehat. Tapi, apakah semuanya efektif?

 

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, maka dari itu nggak semua produk bisa cocok di semua orang. Lalu, gimana caranya untuk mendapatkan kulit sehat, glowing, dan bebas jerawat yang bisa dilakukan oleh siapa saja? Skin Dewi puya 4 tipsnya untuk kamu!

 

Sebelum kita mulai membahas 4 tips untuk mendapatkan kulit sehat, glowing, dan bebas jerawat, siapkan buku catatan sebagai jurnal untuk mendokumentasikan perjalanan kamu! Dengan journaling, seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan menyadari seberapa jauh perkembangan kondisi kulitmu agar tetap termotivasi hingga skin goals-mu tercapai.

 

Are you ready for the tips? Here we go!

 

Tip #1: Mindset yang tepat

Sebelum memulai perjalanan menuju kulit yang sehat, glowing, dan bebas jerawat, tanyakan pada dirimu sendiri: kenapa kamu ingin mendapatkan skin goals tersebut?

 

Kamu mungkin berpikir, “Lho, kenapa harus ditanya? Pasti ‘kan semua orang mau punya kulit sehat.” Memang benar, tapi tanpa mengetahui alasannya, akan lebih sulit untuk kamu memotivasi diri sendiri di sepanjang perjalanan menuju kulit sehat, glowing, dan bebas jerawat. Gali ke dalam diri, apa yang kamu rasakan atau dapatkan jika skin goals-mu sudah tercapai? Fokuslah pada hal ini, daripada fokus pada masalah yang ada seperti kulit kusam, jerawat, dan lain sebagainya.

 

Tanyakan pada dirimu sendiri, adakah hal yang “mengikat” dirimu dengan masalah kulit, yang menyebabkan skin goals-mu menjadi lebih sulit untuk dicapai? Misalnya, skin goal-mu adalah bebas jerawat. Kamu sudah mengetahui makanan apa yang memicu jerawat muncul di kulit, tapi rasanya sangat sulit untuk melepasnya karena makanan tersebut adalah favoritmu. Hal-hal semacam ini dapat menghambat kamu mendapatkan kulit sehat, glowing, dan bebas jerawat.



Tip #2: Kenali kulitmu

Kondisi kulit kita seharusnya diri kita sendirilah yang paling memahaminya. Mulai dari cari tahu jenis kulit dan kebutuhan kulit, fokuslah pada bagaimana kulitmu saat ini, karena kondisi kulit bisa saja berubah seiring dengan bertambahnya usia atau berubahnya gaya hidup. Jika kamu nggak tau jenis kulitmu, bisa saja kamu salah memilih produk yang tentu akan berdampak pada kondisi kulitmu secara keseluruhan.



Tip #3: Ketahui apa yang kamu konsumsi

Ada yang mengatakan bahwa “you are what you eat” atau kamu adalah apa yang kamu makan. Maka dari itu, kamu harus menyadari dan memahami apa yang kamu konsumsi, apakah sudah sesuai dengan apa yang tubuhmu butuhkan? Tubuh setiap orang berbeda-beda, apakah makanan yang dikonsumsi sehari-hari sudah sesuai dengan kebutuhan tubuh?

 

Perhatikan juga kondisi tubuh setelah makan. Apakah ada makanan tertentu yang membuat tubuh terasa nggak enak setelah memakannya, seperti kembung atau mengantuk? Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa makanan itu kurang bisa dicerna dengan baik oleh tubuh kita. Catat dan perhatikan kondisi tubuh dan kulit setelah memakan makanan tertentu dalam food diary-mu. Mungkin tanpa kamu sadari, ada beberapa makanan yang memicu masalah kulit tertentu!

 

Selain makanan, perhatikan juga asupan cairanmu. Tubuh kita kurang lebih terdiri dari 80% air, yang salah satu fungsinya adalah untuk mendukung keluarnya kotoran dari dalam tubuh (detox). Jika belum rutin, coba mulai biasakan minum air putih atau makan makanan yang kaya kandungan air. Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda–tergantung pada tinggi dan berat badan, hingga aktivitas sehari-hari–tapi pada umumnya sekitar 2-3L per hari. Apalagi jika kamu suka mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik seperti kopi atau teh, jangan lupa untuk seimbangkan dengan air putih, ya!



Tip #4: Kenali gaya hidup dan kebiasaanmu

Selain pola makan dan minum, coba perhatikan juga pola tidurmu. Ada beberapa kasus di mana kurang tidur bisa menyebabkan kulit kusam, jerawat, inflamasi, hingga sistem imun yang menurun sehingga gampang sakit. Tidur sangat penting bagi tubuh kita, karena saat tidur, tubuh kita beregenerasi atau healing agar tetap bisa berfungsi secara optimal.

 

Selain itu, perhatikan juga apakah kamu sudah mengelola stres dengan baik? Dalam kehidupan, stres pasti akan ada, tetapi harus dikelola agar nggak menurunkan imunitas tubuh terhadap masalah kulit.



Kulit sehat, glowing, dan bebas jerawat bukan sesuatu yang mustahil untuk dicapai. Tapi, dalam perjalanan untuk mendapatkannya, tentu dibutuhkan kesabaran dan konsistensi sehingga hasilnya pun lebih tahan lama. Mau informasi lebih banyak seputar cara mendapatkan kulit sehat, glowing, dan bebas jerawat? Cek video-video ini untuk pengetahuan lengkap seputar cara mendapatkan #AcneFreedom dari Skin Dewi! Kamu juga berkesempatan untuk konsultasi GRATIS bersama tim Skin Dewi di sini